|

Jumat, 20 Juli 2012

hal penting dalam game online Perangkaum

Untuk rekan-rekan yang baru saja gabung dalam game online perangkaum, mungkin masih banyak 
yang agak kurang mengerti dengan istilah ataupun teknik dalam game perangkaum. Ini mungkin bisa membantu rekan-rekan untuk mempermudah menikmati dan menuju kemenangan dalam game online perangkaum ini...kalo masih kurang mengerti...ya coba tuk bertanya pada teman sekaum anda



KOLONI


Koloni adalah kumpulan desa yg saling berdekatan, koloni biasanya terdiri dari 5-8 desa dan koloni besar bisanya 12-15 desa atau lebih.


fungsi koloni ini adalah sebagai benteng dalam pertahananmu, isi di dalam sebuah koloni terdiri dari desa offense, desa defense dan desa datuk.

desa offense untuk membuat pasukan pemukul atau nuke desa defense untuk membuat bunker pertahanan, sedangkan desa datuk adalah desa dimana kamu bisa menbuat datuk sebanyak-banyaknya.


kenapa harus di buat seperti ini karena saat peperangan besar terjadi kamu akan menghadapi kesulitan apabila jarak desamu satu sama lain letaknya saling berjauhan

kesulitan dalam mempertahankan desa dan kesulitan dalam menyerang dengan kekuatan penuh (mengirim beberapa nuke dan train datuk dalam arrival time yg bedanya beberapa milidetik)


sebuah koloni saat peperangan akan menumpukan semua pasukan defense dalam 1 titik (desa) yaitu desa datuk (nobleman) posisi desa datuk harus berada di tengah-tengah koloni.

biasanya dalam sebuah perang musuh akan mengirim beberapa serangan palsu atau fake, jumlah serangan bisa puluhan bahkan ratusan kamu akan kesulitan menentukan mana serangan yang asli dan mana yang palsu serta mana serangan yang berisi train datuk?

bila hal ini terjadi sembunyikan pasukan serang nuke ke desa barbar di dekat desamu atau dengan istilah douge (berkelit)


apabila salah-satu desamu akhirnya jatuh ketangan musuh (didatuk) maka dengan cepat kamu dapat menyerang dengan nuke dan train datuk, biasanya desa yang baru di rebut pertahanannya sangat rapuh dan mudah untuk di rebut kembali apabila kamu memiliki sebuah koloni...


-------------------------



sebelum ada yg meminta bantuan, harap pelajari teknik-teknik yang sering digunakan dalam menghadapi serangan musuh.. Selain berguna untuk penggunaan pasukan bertahan yang bisa lebih efisiensi, juga bisa digunakan untuk memberikan kerugian di pihak musuh yang lebih besar..



1.DODGE : alias menghindar..



Manuver ini akan sangat berguna dilakukan apabila desa anda diserang oleh pasukan bukan cata.. caranya, HABISKAN SEMUA SDA (upgrade bangunan/kirim ke desa lain/bikin pasukan (paling kepepet)) sampai batas cranny/ruang rahasia.. tunggu sampai kurang lebih minus 30 atau minus 10 sebelum penyerang masuk, baru KIRIM KELUAR SEMUA PASUKAN anda..


Setelah serangan masuk, BATALKAN PENGIRIMAN PASUKAN tadi . Dengan dodge, penyerang tidak mendapatkan jarahan dan pasukan anda tidak ada yang mati. Malah kalau tembok anda tinggi (level 7 ke atas, penyerang kan mati 1 atau 2 karena tabrak tembok ^^)


Jangan lakukan serangan ke desa lain, sebagaimana diamalkan kebanyakan pemain karena kita enggak tahu jumlah pasukan di desa yang kita secarang tergesa2...tanpa pengintip...


Itu susahnya, kalau mau gampangnya, misalkan ada serangan, kirimkan pasukan anda ke desa terdekat (entah kawan/barbar/bonus), setelah serangan masuk dan situasi desa sudah aman, tarik kembali pasukan anda...



Inti dari Dodging adalah tidak menahan serangan musuh, meminimalkan korban pasukan dipihak kita, serta memperkecil jumlah SDA yg dibawa oleh lawan...


2.INTERCEPT : alias menghadang..


Manuver ini adalah manuver tingkat lanjut yang dilakukan untuk membantu desa lain yang diserang atau memperbesar kerugian di pihak musuh.. caranya, liat gelombang penyerangan. Contoh gelombang penyerangan misalnya :


Penyerang Jumawa dari desa Clearing

tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam (Cleaner)


Penyerang Hasannudin dari desa Finish Him

tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam (Cleaner)


Penyerang Edgun dari desa Konoha

tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam(cleaner)


Penyerang Sogo dari desa Carefour

tiba dalam 1:15:17 pada 16:07:15 jam (Catapult/Nooble)



nah untuk intercept, kita harus KIRIMKAN BANTUAN TEPAT PADA JEDA antara dua gelombang yang mempunyai JEDA waktu tersebut untuk menghadang gelombang serangan.. Untuk menghadang hanya bisa dilakukan di gelombang ke 4 dan golombang kedatangan ke 5.


Intercept yg sukses untuk serangan ini apabila di Peninjauan Pasukan di Titik Temu seperti ini :


Penyerang Jumawa dari desa Clearing

tiba dalam 1:09:47 pada 16:04:45 jam


Penyerang Hasanuddin dari desa Finish Him!

tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam


Penyerang Edgun dari desa Konoha

tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam


Pembela CG dari desa apa aja dech

tiba dalam 1:10:07 pada 16:05:05 jam


Penyerang Yogyakarta dari desa Bintaran Lor

tiba dalam 1:11:17 pada 16:07:15 jam


kalau yang punya desa mau bertahan juga di gelombang 4, maka dia harus DODGE di gelombang pertama dan memastikan pasukannya telah kembali ke posisi sebelum gelombang terakhir masuk..


Inti dari Intercept adalah mendodge serangan cleaner, dan menahan serangan cata/nooble(datuk)


3.COUNTER ATTACK : alias menyerang balik..



Caranya yang paling ribet dan membutuhkan perhitungan matang.. langkah pertama adalah HITUNG SERANGAN ITU. Kemudian hitung jarak desa anda ke desa penyerang.. HITUNG TRAVEL TIME penyerang (kapan dia tiba di desanya). Kalau unitnya cepat, berangkatkan pasukan anda agar tiba bersamaan dengan pasukan tersebut pulang kampung. Kalau unitnya lambat, DODGE dulu.. kemudian liat tipe pasukan yang paling lambat yang ada di penyerangan itu (anggaplah yang serang 40 axefighter + 10 Kavaleri -- yang paling lambat berarti axefighter).. ..


KIRIM PASUKAN SERANG KESANA agar TIBA BERSAMAAN dengan penyerang pulang ke desanya.. Counterstrike dapat dilakukan oleh desa yang diserang maupun desa teman.. Intinya adalah perhitungan.. Countrstrike biasa digunakan untuk membunuh catapult atau ram lawan di kota mereka sendiri..


untuk menghitung travel time unit dari kota ke kota, gunakan url link ini :

http://id.twstats.com/id2/index.php?page=attack_planner


Dari 3 tips diatas, ada 2 hal penting dibutuhkan:

1. Waktu Online.

2. Kerjasama dengan teman.

Dua hal inilah yg bisa menentukan Dodge, Intercept, atau Counter Attack akan berhasil...


Istilah lainnya:


1. stacking.. kirim pasukan bertahan sebanyak2nya ke desa yang sedang di serang sebelum noble trainya sampai


2. sniping.. nyelipin support diantara seranganya pertama sampai serangan ke 4 noble train tersebut. 

Anda bisa baca penjelasan bagaimana anda bisa melakukan snaiping untuk detailnya.


3. retaking.. menyerang desa yang di serang oleh noble train tersebut dengan noble pas setelah noble train musuh sampai untuk mengambil kembali desa yang terambil itu


4. prenoble / self nobling.. turunin sendiri kesetiaan desa yg sudah pasti mau diserang dgn noble train, turunin sampai kesetiaan < 20 saat serangan pertama noble train sampai,jd 1 serangan desa sudah langsung ternoble, serangan kedua, ketiga dan keempat akan menabrak pasukan didepannya, lalu 3. retaking..


pastinya minimal 3 pasukan musuh akan hancur karena bentrok dgn pasukan (teman) sendiri, + 1 oleh pasukan retaker..

musuh kehilangan 4 nobleman hanya untuk ngambil 1 desa, pasukan habis, dan membutuhkan banyak waktu untuk buat noble train ulang

-------------------------



SENJATA


Berikut nama-nama senjata di perang kaum:


1. Halberd of Guan Yu = Tombak Pasai

2. Paracelsus' Longsword = Golok Sulangkar

3. Thorgard's battle axe = Baliung Nagageni

4. Nimrod's long-bow = Gendewa Guruh

5. Kalid's telescope = Teropong Bosko

6. Mieszko's lance = Lembing Pasola

7. Nimrod's composite bow = Busur Mahendra

8. Baptiste's Banner = Panji Kerajaan Majapahit

9. Carol's morning star = Gada Buto Ireng

10. Aletheia's Bonfire = Suluh Puti Gagak

11. Vasco's Scepter = Tongkat Aki Tirem




Fungsi dan kegunaan:


Tombak Pasai

(Meningkatkan daya serang pasukan Tombak hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Golok Sulangkar

(Meningkatkan daya serang pasukan Pedang hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Baliung Nagageni

(Meningkatkan daya serang pasukan Kapak hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Gendewa Guruh

(Meningkatkan daya serang pasukan Pemanah hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Teropong Bosko

(Pengintai/Pandu yang dapat melihat semua pasukan desa/kampung lawan mencakup/termasuk yang tidak berada dirumah (bisa lagi mendukung, ataupun menjarah/menyerang)

Lembing Pasola

(Meningkatkan daya serang pasukan Kavaleri hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Busur Mahendra

(Meningkatkan daya serang pasukan Pemanah Berkuda hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Panji Kerajaan Majapahit

(Meningkatkan daya serang pasukan Zirah hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)

Gada Buto Ireng

(Meningkatkan daya serang/Hancur pasukan Pendobrak hingga 100% dan tidak menambah daya pertahanannya sama sekali)

Suluh Puti Gagak

(Meningkatkan daya serang/Hancur pasukan Pelontar/Ketapel hingga 100% dan menambah pertahanan pelontar 10x lipat dalam bertahan)

Tongkat Aki Tirem

(Meningkatkan kemampuan datuk dalam menurunkan kesetian desa lawan sebanyak 30% dan meningkatkan daya tahannya 20%, kemampuan dasar seorang datuk dalam menurunkan kesetian desa lawan adalah 20-35)


-------------------------



1. satu player wajib memiliki 1 desa FULL DEF (pengertian nya dah dijelaskan detail di sub forum strategy...), kalo bisa deket2 ama desa utama kita, knapa ? karena biasanya desa utama yg memiliki RUMAH adat, so... kalo kerebut, sepertinya 90% GAME OVER, alias males maen...


2. KUALITAS LEBIH PENTING dari KUANTITAS, tanya knapa ??? kalo desa banyak ga bisa kejaga semua, percuma kan, nanti ujung2nya kita cm bantu rawat tuh desa trs buat diambil org lain, MAKANYA JANGAN MAEN SIM CITY, poin penting, pasukan juga penting, poin ga gede, SDA pun seret, semua serba bergantungan, so.... inti dari ini semua adalah apa yang harus dijaga ??? Jawabannya : STABILITAS


3. SOAL serangan dan bertahan, kalo bisa lebih di koordinir lage, karena Jam ETA ga boleh terlalu jauh, meskipun itu hanya fake attack, trs kalo def pun, kirim ke yg butuh tapi ga NGASAL, kalo kasus nya si mikael kan jelas, nyampe jam rapa, dan lain2, yg kyk gitu, boleh kalo emang sempet kita bantu... jadi jangan ampe sia2, karena ini semua ditulis By DATA, (misal mau jahat, buktinya copas aja, abis itu cancel, kan pasukan ga kekirim juga...)... makanya disini kita harus : KOMPAK dan SALING PERCAYA...


4. Banyak player yg desanya banyak, tapi masih kecil2, kalo saran saya sih bikin 2-3 desa dl yg cukup kuat, misalnya, min pedang 2000, tombak 2000, pemanah 1000, sisany kavaleri 1000, kapak 2000-3000, ini kan bukan finalnya... yg penting ada def, ada attack, dan kalo bisa desa ke 2 yg ideal adalah :


- desa bonus SDA apa aja.

- desa ini dijadikan FULL DEF.

- desa ini berfungsi sebagai STRONGHOLD, buat dukung desa utama bila ada serangan, ini adalah P3K nya desa utama kamu, sebelum bantuan dari teman2 yg lain datang.

- karena desa ini adalah SDA, so, SDA akan lebih cepet dicetak, fungsinya bisa dialirkan ke desa utama, juga bisa sebagai BUNKER kita sendiri, misalnya buat cetak pasukan def terus menerus di desa ini...


5. macam2 desa bonus cocok untuk (pendapat pribadi):

desa def:

- SDA 30%, kayu, tanah, besi

- barrack

- pedagang/gudang


desa att:

-populasi

-istal

-bengkel

-------------------------



A. Menghadapi/ mengalahkan serangan Noble train DatukStrategi yang tepat, karena dibutuhkan ketepatan yang sangat akurat!

Satu-satunya metode untuk menghalau train datuk saat kita masih lemah

biasanya datuk dikirimkan 4-5 gelombang sekaligus, agar desa dapat dikuasai dalam sekali serang (dibagi 4-5 wave),yang sulit adalah apabila jeda waktu serangan sangat mepet


misalkan waktu tiba

wave 1 : 12.34.55

wave 2 : 12.34.56

wave 3 : 12.34.57

wave 4 : 12.34.58

wave 4 : 12.34.59

kalo seperti ini, harapan terakhir adalah menumpuk semua defense di desa kita, ingat! SEMUA DEFENSE, seperti dalam strategi no 1 diatas

Tapi, ingat kelemahan datuk! yaitu LAMBAT!

dimana-mana, menyerang menggunakan datuk selalu butuh waktu 35 menit/petak

nah disini kesempatan kita, gunakan PANDU! untuk mengintip desa yang menyerang kitadimana-mana, PANDU apabila tidak berbarengan dengan unit lain (kecuali ksatria) selalu butuh waktu 9 menit/petak!

jadi bolak-balik tetep lebih cepat pandu

usahakan mengirim SEBANYAK MUNGKIN PANDU, juga gunakan ksatria jika punya senjata TEROPONG BOSCO!


Nah setelah diintip, ada 2 kemungkinan

- desa penyerang masih berisi banyak pasukan << berarti dia cuma nge-fake doang

- desa penyerang kosong << berarti dia beneran ngirim full force attack, atau sembunyikan pasukannya dia

- desa penyerang kosong, tapi masih ada banyak sekali pasukan diluar desa << hanya bisa digunakan jika ksatria membawa Teropong Bosco << lihat pasukan diluar desa, kalau ada 4 datuk dan pasukan full offense, saatnya berdoa dan mengatur siasat karena dia beneran menyerang kita menggunakan train datuk


masih ada kemungkinan bertahan!


Train datuk biasanya seperti ini

- wave pertama full pasukan serang, dan kalo nekat, datuknya dibawa sekalian

- wave kedua - kelima hanya berisi 1 datuk dan pasukan seadanya


nah, saat 1 menit sebelum pasukan tiba, kirim keluar semua pasukan defense kita, dan tarik kembali, kira-kira 30 detik sebelum serangan pertama tiba


jadi pasukan harus balik saat


1. >>>> pasukan kirim keluar desa

2. wave 1 full force datang <<<< pasukan tarik kembali ke desa

3. <<<< pasukan udah harus ada di desa

4. wave 2

5. wave 3

6. wave 4

7. wave 5 dst


biarpun pertamanya kesetiaan desa kita turun, tapi dengan meng-cut train, datuk selanjutnya pasti mati! karena hanya berisi pasukan seadanya!


memang cuma bisa digunakan saat kita benar-benar tahu pasukan macam apa yang akan menyerang kita, maka mengetahui keadaan musuh juga penting, lihat posisi musuh, keadaan desa musuh, desa dengan poin 'hanya' 3000-4000 tidak mungkin bisa melakukan train datuk << setidaknya poin 4500++ baru bisa noble train datuk


Kalo desa kita isinya pasukan serang semua, dan BENAR-BENAR TIDAK ADA KEMUNGKINAN LAIN << temen buat support defense jauh semua, sekeliling cuma ada musuh.....

ya pilihan terakhir ya last hit, kirim semua pasukan kita ke desa musuh yg mendatuk, biarpun dia nanti dapet desa kita, yang penting pasukan bertahannya mati juga (lebih seru kalau ada pelontar, kirim semua pasukan + alat"berat, target "PERTANIAN", temboknya hancur total, pertaniannya hancur, pasukannya yg balik juga mati nantinya << bener-bener balas dendam


Nanti teman sekaum kita bisa ngeratain desa dia


Semua hal diatas memerlukan keahlian dalam menganalis jenis attack yang akan datang, dan kemudian memutuskan metoda yang mana yang tepat untuk digunain. Tanpa hal itu, percuma......


JaJangan jadikan dirimu jadi pengecut, buatlah dirimu (biarpun akhirnya nanti kalah kalah juga) >> jadi lawan yang akan diingat, bukan karena lari dari pertempuran, tapi karena memiliki strategi perang yang hebat! membuatmu sulit dikalahkan! << meskipun kamu mungkin suatu saat juga dibalas di hancurkan


B.Poin Maksimal


Bangunan pada tingkatan maksimal

NOTE : angka dibelakang tingkatan (pop) menunjukkan jumlah populasi pertanian yang dibutuhkan

Jadi untuk membuat balai desa ke level 30, dibutuhkan 475 populasi dst.....


Poin yang akan didapat desa seperti dibawah adalah 12154 << poin maksimal

Balai Desa (level 30) (pop 475)

Barak (level 25) (pop 303)

Istal (level 20) (pop 158)

Bengkel (level 15) (pop 72)

Pandai Besi (level 20) (pop 395)

Rumah Adat (level 1) (pop 512)

Alun-Alun (level 1) (pop 10)

Tugu (level 1) (pop 20)

Pasar (level 25) (pop 866)

Penebang Kayu (level 30) (pop 326)

Galian Tanah Liat (level 30) (pop 477)

Tambang Besi (level 30) (pop 949)

Pertanian (level 30) (pop 0)

Gudang (level 30) (pop 0)

Tembok (level 20) (pop 99)


Total populasi maksimal pada sebuah desa adalah 24000

Jumlahkan angka pop diatas, maka akan didapati angka 4640

artinya 24000 - 4640 = 19360


maka jika kita memaksimalkan tingkatan semua bangunan, hanya tersisa 19360 populasi yang nantinya digunakan untuk membuat pasukan/datuk dsb....



Penggunaan populasi yang efektif sangat dibutuhkan!

Jangan tingkatkan semua bangunan ke level maksimal, cukup bangunan-bangunan penting saja yang memang benar-benar dibutuhkan untuk naik ke level maksimal


- jangan pernah membangun balai desa lebih dari level 20! itu adalah tingkatan maksimal yang disarankan!

- pasar maksimal hanya sampai level 20, tidak lebih dan tidak kurang, kurang dari 20 = sulit dalam mengirim support, lebih dari 20 = membuang-buang populasi

- hanya bangun rumah adat pada desa offensif! tidak ada gunanya membangun rumah adat pada desa defensif, kecuali kalau desa itu digunakan untuk mendatuk desa bonus

- hal yang sama berlaku pada bengkel pandai besi, apabila kita tidak membangun rumah adat, maka level pandai besi maksimal yang disarankan adalah 12! tidak lebih dari itu


NOTE : guide dibawah ini mengasumsikan jika pertanian yang dipakai kurang lebih sebanyak 20000 populasi


OFFENSIVE VILLAGE

(recommended : very active player, experienced)


Desa dimana kamu harus selalu aktif mengecek kondisi desa

Adalah desa yang fokus pada kekuatan serang

Player yang berpengalaman biasanya membuat desa utamanya menjadi desa yang offensif


Pasukan yang dibuat

utama : kapak, kavaleri, pendobrak, pelontar

pilihan : pandu, pemanah berkuda


Balai Desa (level 20)

Barak (level 25)

Istal (level 15)

Bengkel (level 10)

Pandai Besi (level 20)

Rumah Adat (level 1)

Alun-Alun (level 1)

Tugu (level 1)

Pasar (level 20)

Penebang Kayu (level 30)

Galian Tanah Liat (level 30)

Tambang Besi (level 30)

Pertanian (level 30)

Gudang (level 27)*

Tembok (level 20)


*NOTE :

- gudang tidak perlu dinaikkan sampai maksimal, karena jika kita diserang, SDA perlu dihabiskan (biar nggak dirampok oleh penyerang lawan, kalo gudang level 30 dan SDA penuh, repot juga ;)


Komposisi pasukan yang disarankan (minimal)

6000 kapak

2000 kavaleri

750 pemanah berkuda

300 pendobrak

100 pandu


bisa juga komposisi pasukan mengacu pada nuke attack yang ingin digunakan

tinggal disesuaikan dengan selera kita :)


sisa populasi pertanian dapat digunakan untuk membuat datuk, pemanah berkuda, atau pandu


keuntungan (+)

- agresif, desa disekitar kita yang lemah dapat dihajar dengan mudah (mengamankan wilayah 7X7 peta)

- mendatuk lebih cepat/mudah karena pasukan musuh akan mudah dihabisi

- hasil rampokan sangat banyak, berkat penggunaan kavaleri untuk ngrampok


kerugian (-)

- hanya untuk pemain yang sangat aktif, kalau kamu online cuma 1X sehari (atau malah 1X tiap 2 hari) jangan pilih desa seperti ini, ujung-ujungnya kita akan kesulitan berkembang

- pertahanan akan sangat lemah, apabila kita diserang, maka pasukan harus diungsikan untuk menghindari kerugian dan SDA harus dihabiskan atau dikirim ke teman satu kaum

- sering mendapat ancaman, karena kita akan sering menyerang player lain



DEFENSIVE VILLAGE

(recommended : newbie, safe player)


Desa dimana kamu dapat tidur dengan tenang saat tidak bermain

Adalah desa yang fokus pada kekuatan bertahan

Biasanya digunakan oleh mereka yang ingin bermain aman


pasukan yang dibuat

utama : tombak, pedang, pemanah, zirah

pilihan : pandu, pelontar << kenapa pelontar? lihat aja pertahanan pelontar berapa :)


Balai Desa (level 20)

Barak (level 25)

Istal (level 15)

Bengkel (level 5)

Pandai Besi (level 20)* / (level 12)

Rumah Adat (level 1)* / tidak dibangun

Alun-Alun (level 1)

Tugu (level 1)

Pasar (level 20)

Penebang Kayu (level 30)

Galian Tanah Liat (level 30)

Tambang Besi (level 30)

Pertanian (level 30)

Gudang (level 27)*

Tembok (level 20)


*NOTE :

- gudang dapat ditingkatkan hingga level 28-30, itu pilihan :)

- rumah adat sebenarnya tidak perlu dibangun, kecuali kita mendatuk desa bonus disekitar desa bertahan

- pandai besi juga hanya ditingkatkan maksimal jika kita mau membangun rumah adat di desa bertahan, jika tidak cukup bangun pandai besi sampai level 12 untuk meriset pasukan zirah


komposisi pasukan yang disarankan

full force defense melawan infantri

4000 tombak

8000 pedang

8000 pemanah


full force defense melawan kavaleri

8000 tombak

4000 pedang

8000 pemanah


fast built defense dalam keadaan perang

dimana kita harus membuat pertahanan dengan cepat

4000 tombak

4000 pedang

2000 pemanah

1000 zirah

500 pelontar


*note : jangan lupa untuk membuat 100-200 pandu, atau mengirim pandu kita dari desa serang ke desa bertahan, untuk membantu defense, agar musuh tidak tahu tingkat bangunan desa kita


keuntungan (+)

- bisa tidur dengan tenang, kalau diserang bisa bertahan penuh

- bermain aman, kita tidak mungkin cari gara-gara dengan menyerang player lain karena pasukan yang ada hanya digunakan untuk bertahan

- dianggap suka membantu kaum -_-", karena apabila ada anggota kaum yang diserang, kita dapat membantu dengan kekuatan bertahan penuh


kerugian (-)

- dominasi terbatas, kita akan sulit berkembang kecuali sekitar kita adalah player yang kurang aktif atau banyak desa barbar

- farming lebih lama dan hasil lebih sedikit, karena hanya mengandalkan muatan infantri

- hanya mampu mendatuk desa bonus/barbar


HYBRID VILLAGE

(recommended : either active, experienced or newbie safe player)


Desa dengan pasukan offense dan defense bercampur

Biasanya digunakan pada desa pertama kita atau saat kita baru saja mulai bermain

Player yang berpengalaman biasanya membuat desa utamanya menjadi hybrid, kemudian saat memiliki desa kedua, mengubahnya (switch) menjadi desa offense atau defense


pasukan yang dibuat

utama : tombkak, pedang, pemanah, kavaleri, zirah, pelontar

pilihan : pandu, pemanah berkuda, pendobrak, kapak, tombak


Balai Desa (level 20)

Barak (level 25)

Istal (level 18)

Bengkel (level 5)

Pandai Besi (level 20)

Rumah Adat (level 1)

Alun-Alun (level 1)

Tugu (level 1)

Pasar (level 20)

Penebang Kayu (level 30)

Galian Tanah Liat (level 30)

Tambang Besi (level 30)

Pertanian (level 30)

Gudang (level 27)

Tembok (level 20)


komposisi pasukan yang disarankan


condong ke offensif

1000 tombak

1000 pedang

4000 kapak

2000 kavaleri

400 pemanah berkuda

500 pelontar

sisa populasi gunakan untuk membuat pandu/kapak/kavaleri


condong ke defensif

2000 tombak

2000 pedang

1000 pemanah

1000 kavaleri

1000 zirah

500 pelontar

sisa populasi digunakan untuk membuat pandu/tombak/pedang/pemanah


keuntungan (+)

- kuat dalam menyerang maupun bertahan

- lebih mudah dalam *switch

- fleksibel, menyerang masih cukup kuat, bertahan pun masih sanggup


*switch : berganti haluan

dengan kata lain berganti dari desa defensif ke offensif dan sebaliknya

misal terjadi demikian :


skenario pertama >>

kita diserang, pasukan offense kita kaburkan dan pasukan defense bertahan

maka timbul kerugian besar (karena tidak semua pasukan kita dalam kondisi defense)

namun kita dapat membalasnya dengan mengirimkan pasukan offense ke penyerang

(yang tentunya, si penyerang juga sudah kehilangan kekuatannya sebagian saat menyerang desa kita)

itu artinya kita switch/berganti dari pasukan hybrid menjadi pasukan offense (karena pasukan def sebagian besar/seluruhnya mati)

dan akhirnya kita akan fokus pada pembuatan pasukan offense


skenario kedua >>

kita menyerang, pasukan defense tetap tinggal di desa, pasukan offense maju menyerang

tentunya kerugian yang diderita juga cukup besar karena tidak semua pasukan kita menyerang

seandainya pasukan ofense kita mati semua, dan yang kita serang (atau kaumnya) balas dendam dan balik menyerang,

kita bisa segera switch ke desa defensif << praktis pasukan offense kita mati semua, sisanya pasukan defend, maka sekalian jadiin desa defense aja :)


kerugian (-)

- meskipun kuat dalam menyerang maupun bertahan, kekuatan serang kita masih kalah dengan desa offense dan

kekuatan bertahan kita juga kalah dari desa defense (dengan kata lain, kemampuan yang ada tidak terlalu

menonjol, atau cuma pas-pasan saja)

- tidak terfokus, terkadang pemain yang belum berpengalaman akan bingung, kapan ia harus switch atau kapan

ia harus membuat pasukan tertentu karena pasukan offense defense bercampur aduk

- semi aman, meskipun ada defense di desa, namun tetap ada pasukan offense yang harus diungsikan apabila diserang

gaya bermain santai/defense >> pasukan offense jika lupa diungsikan akan banyak yang mati, jadi tetap harus aktif bermain ;)


NOTE : saat clearing sebuah desa (atau tepatnya ngeratain desa) strategi desa hybrid adalah membagi pasukan


menjadi 2 wave, wave pertama berisi full kapak + kavaleri + pemanah berkuda + setengah dari jumlah pelontar,


dan wave kedua berisi sisa pelontar dan sisa dari pasukan kita yg tugasnya untuk menghancurkan pertanian


atau alun-alun desa tersebut



SCOUT VILLAGE

(recommended : advanced experienced player)

desa yang kebal terhadap para pengintip

Adalah desa yang khusus digunakan untuk mengintai desa lain

Biasanya dibangun setelah kita mempunyai beberapa desa


pasukan yang dibuat

utama : pandu, tombak, pedang, pemanah

pilihan : pelontar << untuk defense


Balai Desa (level 20)

Barak (level 25)

Istal (level 20)

Bengkel (level 5)

Pandai Besi (level 20)* / (level 12)

Rumah Adat (level 1)* / tidak dibangun

Alun-Alun (level 1)

Tugu (level 1)

Pasar (level 20)

Penebang Kayu (level 30)

Galian Tanah Liat (level 30)

Tambang Besi (level 30)

Pertanian (level 30)

Gudang (level 27)*

Tembok (level 20)


*note :

- gudang dapat ditingkatkan hingga level 28-30, itu pilihan :)

- rumah adat sebenarnya tidak perlu dibangun, kecuali kita mendatuk desa bonus disekitar desa bertahan

- pandai besi juga hanya ditingkatkan maksimal jika kita mau membangun rumah adat di desa bertahan


komposisi pasukan yang disarankan

well balanced defense scout

2000 tombak

4000 pedang

4000 pemanah

4000 pandu


fast built defense

3500 tombak

4000 pandu

750 zirah

500 pelontar


keuntungan (+)

- kebal dari tukang intip

- mengecoh lawan, karena serangan pertama datang dari sini (serangan pertama kita biasanya adalah pandu


untuk mengetahui keadaan desa lawan) maka biasanya lawan akan menyerang desa pandu kita pertama kali, dan kita cukup mem-backup desa pandu kita dengan pasukan dari desa bertahan


kerugian (-)

- tidak bisa digunakan untuk menyerang (kalau pasukan defense desa pandu diganti menjadi pasukan offensif


akan menjadi tidak efektif)

- sasaran pertama serangan, karena serangan pertama kita dengan pandu datang dari desa ini, lawan yang kita


serang kemungkinan besar mengirim serangan balasan ke desa ini, jadi perlu backup pasukan dari desa bertahan yang posisinya sudah aman


NOBLE VILLAGE

recommended : active experienced player


Mungkin ada guide yang mengatakan desa jenis ini yang gunanya memproduksi datuk

sebenarnya desa noble dapat dihasilkan dari desa offense


anggap kita punya 2 desa offense

maka desa pertama memproduksi full pasukan untuk clearing (nuke attack)

dan desa kedua memproduksi pasukan penyerang dan datuk (train attack)


jadi saat kita menyerang

dari desa pertama kirimkan semua pasukan penyerang terkuat (nuke attack untuk clearing desa)

dan desa kedua mengirimkan pasukan penyerang yang kuat dan datuk 4 wave (train attack, langsung menguasai desa)


Semoga bermamfaat



Tipe-tipe nuke attack


1. Quick Build Nuke/War-time Nuke

- 6250 kapak

- 3000 pasukan berkuda

- 225 pendobrak


Ini adalah tipe nuke attack yg pembangunannya cepat dibanding yg lain dan tetap masih punya power. Gunakan ini dalam perang ketika anda membutuhkan waktu cepat membangun nuke attack.

Pemain pengalaman dan ahli menyebutnya “sasuke’s nuke”


2. Noble Nuke

kapak-7500

kavaleri-3200

pendobrak-100

Nobleman/ Datuk-1


Gunakan ini untuk mengambil alih desa lawan. Ingat jgn gunakan ini pada serangan pertama. Dan lakukan train type ini

Gunakan setelah desa cukup rusak.



3. Smash Nuke

10.500-kapak

2000-kavaleri

300-pendobrak


Cukup lama ini membangunnya. Tapi efektif bgt . daya rusaknya besar



4. Fire Nuke


6000-kapak

2750- kavaleri

200-pendobrak

beli sebanyak2nya-ketapel



Gunakan komposisi seperti ini jika dalam misi menghancurkan suatu desa beserta tipe bangunannya, anda bs hancurkan bangunan di suatu desa, minimal sampai lvl 1(satu), powerfull. Namun tolong perhatikan mengenai 
effisiensi pendobrak dan ketapel/pendobrak.

Kesimpulan.

Nuke attack diatas adlh yg umum digunakan di Tribalwar internasional.

Tapi minimal, gunakan 2 tipe paling atas.

Tapi jika anda ingin berkreasi, lakukanlah. Mungkin pihak desa bertahan tidak akan tahu apa yg akan datang

-------------------------------------


NUKE n BUNKER


Tentukan desamu apakah akan menjadi desa type offense atau defense jangan membuat pasukan dengan campur aduk, karena hanya dengan menentukan pilihan ini kamu akan mempunyai desa yang kuat dalam menyerang atau pilihan lain kuat dalam bertahan



desa offense dengan max. populasi 24.000 kamu bisa membuat sebuah nuke pasukan serang yang daya gempurnya sangat hebat.



Nuke ideal


7000 kapak

3000 kaveleri

250 pendobrak

500 pandu


desa defense dengan max populasi 24.000 kamu bisa membuat sebuah banker pasukan bertahan yang sangat kuat


bunker ideal


8000 tombak

8000 pedang

500 pandu



bunker yang cepat di produksi


8000 tombak

1500 zirah

500 katapulat

500 pandu



catatan: kamu bisa mengkombinasikan pasukan dilihat dari nilai fungsi serang dan ketahanan pasukan dalam berperang, baca bantuan dan tinjauan pasukan

-----------------------------

FULL DEFF


halo,good afternoon all, how are you?

this time to continue the news about the strategy.



Defensive village


Village Headquarters (Level 20)

Barracks (Level 25)

Stable (Level 20)

Workshop (Level 2-5)

Academy (1)

Smithy (Level 20)

Rally point (Level 1)

Market (Level 15-20)

Timber camp (Level 30)

Clay pit (Level 30)

Iron mine (Level 30)

Farm (Level 30)

Warehouse (Level 30)

Hiding place (Level 0) This building only takes up space once the village set-up is complete.

Wall (Level 20)


In setting up the village thus, building speed in all aspects is maximized. The following simulations show why it is important to keep the barracks and stables maximized.


Building time of below defensive troop set-up with level-25 barracks and level 20 stable:



Total duration: 478:06:40 (Barracks) Total duration: 172:55:00 (Stable)


The workshop does not hold a significant place in most defensive setups, and is thus often disregarded in defensive calculations.


Building time of below defensive troop set-up with level-23 barracks and level-18 stable:


Total duration: 536:57:20 (Barracks) Total duration: 194:26:40 (Stable)


Fifty-eight hours are cut from the on the barracks building times, and twenty-two hours from the stable building times. In a war, or confrontation, churning out troops at maximum speed is always essential.


troops deff minimal:

6,620 Spears

6,620 Swords

1,250 Heavy Cavalry


--------------
-------------------------


saat diserang apa yg kamu lakukan ...


-------------------------


bila desamu di serang lawan tolong biasakan jangan panik



tenang saja selama bukan serangan train nobleman serangan seperti ini tidak berbahaya....


cara menghadapi serangan


-habiskan semua SDA untuk membuat bangunan dan mendidik pasukan baru (jangan tersisa)


-bila defense tidak kuat,tidak usah di hadapi dengan pasukanmu douge saja (menghindar/sembunyikan pasukanmu di desa teman terdekat atau di desa barbar yg terdekat) bila serangan telah lewat segera kembalikan pasukanmu, krn desa barbar biasanya di serang oleh player yg sedang farming


-biasakan lihat arrival time (waktu kedatangan pasukan musuh) bila kamu menggunakan premium akan terlihat musuh menggunakan pasukan apabila mengunakan nobleman ini termasuk serangan berbahaya, tapi hindari serang pertama dan kedua , serangan nobleman ke tiga & ke empat biasanya lemah, nah saat itulah kamu hadapi pasukan musuh dengan full defense


ingat sembunyikan semua pasukan yang bertipikal "offense troops" seperti kaveleri ringan, pemanah berkuda, ram dan kapak

0 komentar:

3 Top Saat ini

 
Info Chord | Info Software | Info Games | Info Berita